World Cleanup Day, Diskominfosantik Gelar Aksi Bersih-Bersih di Cikarang Barat

  • Whatsapp
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam bersama Tim Diskominfosantik menggelar aksi bersih-bersih dalam rangka World Cleanup Day 2021 di Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat, Jumat (17/09/21). Nur Rachman Akbar/Newsroom

CIKARANG BARAT – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi bersama Dinas Pertanian menggelar kegiatan World Clean Day (WCD) di Kecamatan Cikarang Barat pada Jumat (17/09).

Kegiatan WCD ini dilaksanakan mulai tanggal 12-18 September 2021 dan serentak dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Kita untuk LO (Liaison Officer) di Cikarang Barat, Diskominfosantik dan Dinas Pertanian melaksanakan WCD hari ini, bersama Pemerintah Kecamatan Cikarang Barat, Kades Sukadanau dan UPTD Kebersihan Wilayah III,” jelas Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam.

Kegiatan WCD tersebut dibagi dua tempat, pertama di Kampung Jarakosta, Desa Sukadanau oleh tim dari Diskominfosantik dan kedua, di Desa Telaga Asih oleh tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi.

Di Jarakosta, tim Diskominfosantik dihadapkan pada tingginya volume tumpukan sampah. Untuk membersihkan tempat tersebut, dibutuhkan truk pengangkut sampah yang disediakan oleh UPTD Kebersihan wilayah III.

“Volume sampahnya cukup besar, kita angkut. Kemudian dari Dinas Lingkungan Hidup bidang kebersihan berupaya mengangkut sampah, tetapi karena volumenya cukup besar dari daya angkut, masih terdapat tumpukan sampah yang kita bersihkan hari ini. Kita coba, dari Dinas LH akan kita angkut semuanya ke TPA Burangkeng,”ujarnya.

Jaoharul berharap ada keterlibatan masyarakat untuk menjaga kebersihan di setiap wilayah masing-masing. Caranya, bisa terus dilakukan penyuluhan ke masyarakat agar tidak membuang sampah ke sembarang tempat.

“Dan fungsi pembinaan dan penyuluhan ke masyarakat ini menjadi tanggungjawab kita bersama dari mulai tingkat RT, Desa sampai Kecamatan untuk tidak membuang sampahnya ke sembarang tempat,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, Diskominfosantik Kabupaten Bekasi juga menyalurkan 100 paket sembako ke masyarakat sekitar. Pembagian sembako ini merupakan bagian dari program ASN berbagi yang telah dilakukan Diskominfosantik beberapa waktu lalu.

“Ya kita juga berbagi sembako, ada beras, minyak, mie instant, untuk membantu meringankan beban masyarakat,” tandasnya. (Red)

  • Whatsapp