BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan 28 Perahu Karet untuk Antisipasi Banjir

  • Whatsapp
BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan 28 Perahu Karet untuk Antisipasi Banjir (foto:dok)

CIKARANG PUSAT – Antisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menyiapkan 28 perahu karet untuk keperluan evakuasi dan keadaan darurat lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Hasan Basri, mengatakan, dengan tersedianya  perahu karet dan peralatan pendukung lainnya, maka upaya penyelamatan korban bencana dapat dilakukan secara maksimal.

“BPBD saat ini sudah menambah 8 perahu karet dan peralatan lainnya untuk antisipasi bencana banjir pada musim hujan sekarang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, perahu karet sangat dibutuhkan petugas BPBD ketika turun membantu masyarakat di suatu desa atau kawasan permukiman penduduk yang mengalami bencana banjir.

“Perahu karet digunakan petugas untuk mengevakuasi korban banjir ke lokasi penampungan sementara dan mendistribusikan bantuan kepada masyarakat,” katanya.

Kepala bidang kesiapsiagaan bencana BPBD Kabupaten Bekasi, M Said mengatakan, jumlah 28 perahu karet yang dimiliki BPBD sebenarnya masih belum mencukupi jika melihat luas daerah yang biasa menjadi langganan banjir di Kabupaten Bekasi.

“Karena ada sebagian perahu yang sudah rusak maupun tidak lagi bisa dipakai dan di kita sendiri punya keterbatasan anggaran untuk memperbaiki perahu itu,” kata dia.

“Saat ini perahu karet yang ada di garasi peralatan BPBD sekitar 20 unit perahu ditambah 8 unit perahu yang baru tiba sehingga total 28 perahu,” ujarnya.

Pihaknya mengaku akan mencoba untuk mengajukan kembali pengadaan perahu karet baru agar antisipasi bencana banjir kedepannya bisa lebih maksimal.

Said menuturkan, berkaca dari peristiwa banjir yang terjadi awal tahun 2020 lalu, dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi, hanya satu kecamatan yang tidak mengalami banjir yakni Kecamatan Bojongmangu karena berada di daerah dataran tinggi. Sedangkan yang rutin terkena bencana banjir sekitar 10-13 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. (red)