Pemkab Bekasi Mulai Bangun Rumah Korban Banjir Pebayuran

  • Whatsapp

PEBAYURAN – Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Pemprov Jabar mulai melakukan pembangunan rumah warga yang rusak diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran.

Camat Pebayuran, Hanief Zulkifli mengatakan, pembangunan puluhan rumah korban banjir itu akan dilaksanakan secara bertahap.

“Sekarang mulai berjalan pembangunannya bertahap, bantuan pembangunan itu dari Pemkab Bekasi dan Pemprov Jawa Barat,” kata Hanief, Rabu (17/03/21).

Hanief menyebut total ada 55 rumah di Desa Sumberurip dekat titik tanggul jebol Sungai Citarum yang mengalami kerusakan.

“Dari 55 rumah yang rusak, 35 rusak berat atau hanyut dan 20 rumah rusak sedang hingga ringan,” ujarnya.

Adapun bantuan pembangunan rumah, baik dari Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat jumlahnya sebesar Rp20 juta.

Pihaknya berharap, proses pembangunan rumah korban banjir dapat rampung sebelum lebaran. Sehingga warga yang rumahnya terdampak, ketika tiba Hari Raya Idul Fitri bisa berlebaran di rumah.

“Makanya kita pantau terus, kasihan kan kalau Lebaran engga ada rumah atau masih rusak,” ungkapnya.

Sebelum rumahnya rampung dibangun, kata Hanief, warga sementara tinggal di rumah tetangga, saudara, maupun sekolah.

“Bantuan logistik bagi warga yang rumahnya terbawa hanyut masih terus kita diberikan. Walaupun tidak full 100 persen,” kata dia. (red)

 

  • Whatsapp