Bupati Dukung Program Bersih-bersih Komunitas Save Kali Cikarang

  • Whatsapp
DADAKAN: Bupati Bekasi H Eka Supria Atamaja usai upacara HUT RI Ke-17, mendatangi acara Save Kali Cikarang yang mengadakan acara bersih-bersih Kali sepanjang 2 KM.

CIKARANG BARAT – HUT kemerdekaan RI ke-75 di tahun 2020 di Cikarang, Kabupaten Bekasi dirayakan disejumlah lokasi, diantaranya di hutan bambu, Kali Cikarang, yang berlokasi di Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, (17/8/2020).

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam kunjungan tersebut mengatakan, Pemkab Bekasi akan selalu mendukung aksi dari komunitas Save Kali Cikarang yang mengusung tema 1.000 Relawan memerdekakan Kali Cikarang.

“Langkah kongkrit dari kami Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada di Kali Cikarang,” kata politisi Partai Golkar tersebut.

Eka menambahkan, aksi yang digagas oleh komunitas Save Kali Cikarang ini bisa menjadi motivasi untuk menumbuhkan, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan wilayah Kabupaten Bekasi.

Dalam kunjungan mendadak tersebut, Bupati Eka sempat menyusuri kali Cikarang menggunakan perahu karet. Saat menyusuri kali, Eka masih mengenakan seragam dinas berwarna putih sambil melambaikan tangan pada masyarakat yang hadir dilokasi itu.

Masih di hutan bambu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno menyebutkan, instansi yang dipimpinnya mendukung aksi yang digagas para relawan pecinta lingkungan hidup. Kedepannya komunitas tersebut akan didata dan dikukuhkan agar bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan bantaran kali yang bersih.

“Langkah kedepannya kami akan mendata serta akan kita kukuhkan agar mereka semangat, apa saja keperluan mereka akan kita data yang penting kali ini bisa bersih kembali,” kata Peno.

Kegiatan tersebut dihadir seribu relawan dari 90 kamunitas yang perduli dengan lingkungan, acara ini juga dihadiri anggota DPR RI Obon Tabroni.

Aksi yang diberi nama Gerakan 1.000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang tersebut, dimulai dengan upacara memperingati HUT RI ke 75 di lingkungan hutan bambu, kemudian dilanjutkan melaksanakan kegiatan menyusuri Kali Cikarang sepanjang 2,5 km dan darat 500 Meter untuk membersihkan sampah plastik yang ada.

Menurut Asmui Setiawan, perwakilan relawan yang berasal dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bekasi mengatakan, kegiatan aksi bersih-bersih yang digagas komunitas Save Kali Cikarang bertujuan bertujuan mengembalikan kelestarian serta kebersihan air sungai yang ada di wilayah kabupaten Bekasi.

“Dalam aksi kali ini kami menurunkan 13 orang relawan kami, yang terbagi dua yaitu di air dan didarat. Kami kumpulkan sampah plastik yang ada dibantaran kali Cikarang,” katanya.

Selain itu pada kesempatan tersebut tersebut BPBD Kabupaten Bekaksi mengirimkan empat orang personel didukukung dengan satu unit mobil L300, dua unit Perahu Polytelin satu unit Cainsaw , sepuluh Pelampung, enam Dayung settambang serta empat set helm.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *